ma.ittifaqiah.ac.id_Suasana damai, tentram dan khusyu’ terlihat di sela-sela berlangsungnya Ujian Akhir Pondok kelas XII Aliyah di kampus A dan C pondok pesantren Al Ittifaqiah, Senin (5/6/2017).

Ujian yang digadang-gadang memliki pengaruh sangat significant dalam penentu kelulusan santri kelas akhir ini. Nampak begitu lancar, tak ditemui sedikit pun kendala yang berarti.

Mata pelajaran yang diujikan adalah Fiqh dan Nahwu. Fiqh merupakan pelajaran basic dari agama islam sedangkan Nahwu merupakan rumpun awal dikala mau belajar bahasa Arab.

Tepat pukul 07:30 WIB, terdengar lonceng tanda bel masuk ujian, para pengawas telah Nampak gagah dan anggun untuk memasuki ruangan ujian serta tak lupa santriwan/wati telah duduk manis nan elok di kursi mereka masing-masing. Tak ada raut cemas maupun susah malahan senyum manis yang selalu dipaparkan.

Sementara itu, beberapa panitia terlihat berkumpul di dalam kantor untuk menyiapkan beberapa hal terkait berkas penilain, soal dan koreksian yang harus segera diserahkan kepada para guru untuk dikoreksi.

“Kami berjaga-jaga dan meyiapkan beberapa dokumen, karena masih banyak soal yang belum diambil dan ada juga beberapa santri yang masih ikut ujian susulan dikarenakan mengikuti kegiatan diluar dan ada juga yang terkendala sakit,” ujar Desy Ratnasari salah satu staff panitia bagian pengujian dan peniliain.

Ia menjelaskan, ini adalah hari terakhir UPP untuk kelas XII Aliyah sedangkan kelas X dan XI hari Rabu nanti, setelah ini anak-anak kelas XII akan mengikuti pembekalan alumni yang akan dikelola langsung oleh bagian DIKJAR Al Ittifaqiah.