Indralaya : 21/11 Pelatihan letarasi yang diadakan oleh Universitas Unsri Sriwijaya bertempat di Aulaa Mes Ibnu Rusyid yang di hadiri oleh santri aliyah dari perwakilah kelas X ips Excellent Sosial dari santriwan dan santriwati, kegiatan ini langsung dihadiri oleh kepala fakultas ilmu sosial dan politik : DR. Retna Maharani , M.SI , Sofyan Effendi, SIP, M.SI, Mery Yanti, S. SOS. MA, DRA, Yusnaini, M. SI, DRA. Dyah Haspari ENN,M. SI membahas tentang ilmu komukasi tentang Interaksi digital dengan kemajuan teknologi memudahkan untuk berinteraksi/berkomunikasi dengan teman , orang tua dimanapun kita berada seperti dari penggunaan Handphone Android.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi lebih kritis, tidak menjadi konsumen maupun produsen hoax dan segala bentuk disinformasi- misinformasi. Untuk itu dalam pelatihan ini peserta dilatih menggunakan metode pengecekan kebenaran informasi (fact checking) melalui berbagai tools.

Kalangan di pondok pesantren baik itu santri, pengajar maupun pengelola juga membutuhkan literasi digital. Ada dua kategori pemanfaatan internet  di kalangan pesantren. Pertama, pesantren yang memanfaatkan internet sepenuhnya biasanya untuk menunjang  aktivitas  pesantren,  baik  untuk  keperluan  administrasi maupun untuk keperluan belajar-mengajar.

Kedua, pesantren  yang memanfaatkan internet  secara  parsial,  yakni  hanya  untuk  keperluan  administrasi  saja, sementara santri secara umum tidak diperkenankan untuk mengakses internet kecuali jika mendapatkan izin dari pengasuh dan pengurus pesantren.

 

Tinggalkan pesan "Unsri Gelar Pelatihan Letarasi Digital untuk Santri MA Al Ittifaqiah"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *