Pada tanggal 23 januari  2021 Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya mengadakan sebuah seminar yang bertemakan ” Kepemimpinan dan Peran Perempuan di Era Society 5.0” Seminar ini mengundang seorang narasumber langusng dari IPND ( Institut pemerintahan Dalam Negeri ) dan narasumber lainnya yaitu Eko Adhi Sutrisno, M.Pd, wakil kepala lembaga penjaminan mutu pendidikan Al-Ittifaqiah.

Seinar ini dilakukan untuk memperkenalkan sekolah ikatan dinas IPDN dan untuk memotivasi santriwati bahwasanya wanita mampu bersaing dengan laki-laki dalam hal pendidikan. Jadi, tahukah anda siapa Narasumber yang berasal dari IPDN tersebut?

Nindya wanita Praja Tiara Kurniati, itu lah nama mahasiswa termuda IPDN dan menjafi narasumber seminar dipondok pesantren AL-Ittifaqiah kali ini. Mahasiswa yang sering dipanggil ”kak Tiara” ini merupakan wanita praja tingkat III institut pemeritahan dalam negeri, dia lahir di kayu agung 09 juni 2001, itulah perkenalan narasumber utama pada seminar ini.

Setala mengenal narasumbernya, Apakah kalian tahu apa itu IPDN? IPDN itu adalah sekolah ikatan dinas lebih tepatnya sekolah kedinasan terbesar si Indonesia yang mempunyai 7 kampus daerah dan 1 kampus pusat diantara terletak di Jatinangor Sumatera Barat, Jakarta , Kalimantan Barat dan Papua.

  • sistem dan metode pendidikan IPDN berbagi menjadi Tri Tunggal Terpusat yang terdiri dari pengajaran, pelatihan dan pengasuhan.
  • tingkat pendidikan di IPDN ini terdiri atas: Muda Praja ( Tahab Penanaman ), Madya Praja ( Tahab Penumbuhan , Nindya Praja ( Tahab Pengembangan ), Praja Utama ( Tahab Pematangan ), dan Pamong Praja Muda ( Purna Praja ).

di IPDN juga banyak terdapat organisasi yang disebut Organisasi korps praja dan masi banyak lagi. ”Wanita punya hak berprestasi, meraih mimpi, dan menjadi sosok panutan yang tangguh dan mandiri” ungkap Tiara selaku narasumber dari seminar.

foto bersama anak kelas XII aliah seminar kepemimpinan.

 

Tinggalkan pesan "Kupas tuntas Sekolah Impian Ikatan Dinas Bersma Praja IPDN"

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *