Sukses, Santri KEEM MA Putri Terjun Langsung Jajakan Hasil Karyanya

 

Indralaya – Pesantren sebagai basis Pendidikan khas Indonesia yang dikenal mengeluarkan alumnus yang religius, beradab, dan penebar kasih sayang mulai unjuk gigi memasuki bidang entrepreneur atau kewirausahaan. Begitu juga dengan pondok pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya yang sudah memiliki kelas khusus bidang kewirausahaan yaitu, Kelas Excellent Entrepreneur Modern (KEEM).

 

“Hari ini para santri kelas 10 KEEM mulai melakukan uji coba alias terjun langsung ke lapangan dengan menjajakan hasil karyanya di lingkungan pondok pesantren. Ada yang menyajikan bakso kuah, keripik pisang, kentang yang dijadikan stick, dan minukan sari buah,” sebut Direktur KEEM Madrasah Aliyah Kampus A, Ustazah Leni, S.Pd saat diwawancarai disela-sela santrinya praktik di Halaman Kampus A Indralaya, Sabtu, 22 Januari 2022.

 

Ustazah Leni menambahkan, diadakannya kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kerjasama yang sudah dijalin oleh Al-Ittifaqiah dengan investor yang dikhsuskan menilai hasil dari kelas kewirausahaan modern ini. Sebab, katanya lagi kewirausahaan ujung-ujungnya pasti ada hasil entah apa pun itu proses sebelumnya.

 

“Sebelum praktik hari ini, kami yaitu penanggung jawab kelas KEEM, santri dan investor sudah melakukan beberapa kali pertemuan dan diskusi. Mulai dari menunjukkan hasil proposal santri, penilaian dan pengkoreksian. Setelah disetujui untuk membuka praktik atau santri harus diuji coba berjualan terlebih dahulu sebelum nantinya betul-betul diadakan soft launching,” jelas Ustazah Leni yang di dampingi oleh Ustazah Elza.

 

“Alhamdulillah hasil hari ini cukup memuaskan yang mana santri sangat serius dan fokus melayani para pembeli. Dan pemebli pun baik dari kalangan santri sendiri serta para guru dan SDM di lingkungan pondok cukup antusias meramaikan dan membeli hasil karya mereka. Semoga ke depan lebih baik lagi dan persiapan lebih matang lagi,” tutup Ustazah Leni.

Sementara itu, di lokasi bersamaan, Kepala Madrasah Aliyah Kampus A yang diwakili oleh Wakil Kepala II Bidang Kesantrian, Ustazah Nismayanti, S.Pd mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung dan memotivasi santri untuk terus melakukan kreatifitas dalam bidang apa pun salah satunya berwirausaha. Jadi, dengan adanya kelas KEEM ini santri tingkat Aliyah sudah diberikan wadah khusus untuk berkreasi dan berinovasi.

“Kegiatan ini sudah sangat tepat, setelah satu semester kemarin selalu materi yang diberikan oleh para guru baik berupa materi formal di dalam kelas dan ada juga workshop yang sangat menambah ilmu bagi santri dan guru yang mengajar,” kata Ustazah Nisma mengakhiri percakapan.