Sukses MA Al Ittifaqiah 1 Gelar ANBK Tahun 2023

ma.ittifaqiah.ac.id Indralaya- (29/8), Madrasah  Aliyah Al Ittifaqiah melaksanakan kegiatan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) sebagai sarana mempersiapkan penilaian akhir bagi santri kelas XI, ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk menilai mutu setiap sekolah . Mutunya dinilai dari hasil belajar santri, kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan pendidikan. Kegiatan ini berlangsung mulai Tanggal 28-29 Agusutus 2023.

Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta pn Pendidikan,dan kita sebagai penyelenggara hanya melaksanakannya. Hampir sama dengan persiapan UNBK, dan alhamdulillah lancar.”

roses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

Ustzah Anita M.Pd selaku kepalah sekolah, “ANBK ini diikuti oleh siswa pilihan sebanyak 45 siswa, dan siswa yang mengikuti ANBK ini dipillih secara random atau acak yang ditentukan oleh Dinas KementriaDan beliau menanggapi lagi, bahwa teknis pengerjaannya sendiri sebetulnya sama saja dengan UNBK, hanya saja ANBK ini bobot soalnya lebih sulit dan lebih dominan soal-soal literasi sehingga siswa dituntut untuk lebih banyak membaca dan jeli terhadap soal-soal yang ada.”jelas nya.

Proses kegiatan ini berlangsung dengan lancar, tanpa kendala berarti karena didukung oleh jaringan internet yang memadai. Ustadzah Desi Ratna Sary, S.Pd selaku Waka II sebagai panitia pelaksana ANBK berharap terlaksananya kegiatan ini dengan lancar.

“Silahkan peserta bisa bekerja dengan serius. Kami harap tidak ada kendala berarti.” Ungkap Ustadzah Desi