Nuun ( Anisa Setiana lestari )

Huruf- huruf adalah pertanda tinta,tiada satupun kecuali yang diminyaki tinta: warna miliknya sungguh khayali warna tinta itulah yang muncul sebagai wujud nyata.

Namun tinta tak dapat dikatakan terpisah darinya,batin huruf-huruf terletak dalam rahasia tinta,dan penampakan lahirnya melalui ketentuan dirinya. Huruf-huruf adalah ketentuan-ketentuanya,kegiatan-keghiatanya,dan tiada apapun selain dia.Pahamilah kias ini!

Huruf-huruf itu bukanlah ia,jangan….Jangan katakan mereka adalah ia!

Mengatakan demikian adalah keliru,dan mengatakan ia itu mereka adalah igauan gila,karena ia telah ada sebelum huruf,ketika belum satu hurufpun ada,dan ia tetap ada,bilamana huruf samasekali telah tiada.Lihatlah dengan baik setiap huruf,kau lihat ia segera binasa kecuali wajah tinta yang tinggal, yaitu wajah zatnya,dialah yang maha agung,maha mulia dan maha kuasa! meski demikian,bagi seluruh,penampakan lahir mereka,huruf-huruf tersembunyi,mereka lebur dalam tinta,karena penampakan mereka tak lain adalah penampakan tinta, huruf tak menambah apa-apa pada tinta, dan tak mengambil apa-apa darinya.

Ia hanya menyingkap kepaduan dalam aneka rupa,tanpa mengubah tinta,adakah tinta dan huruf menjadikan dua?