40 Santri Raih Beasiswa S1 Luar Negeri

ma.ittifaqiah.ac.id Indralaya- Madrasah Aliyah kembali  melaksanakan acara Pelepasan Siswa Penerima Beasiswa Al Azhar Kairo Mesir oleh Kepala Madrasah (20/12).

Pelepasan kali keempat di tahun 2022 sebanyak 16 santri penerima beasiswa S1 ini menambah deretan alumni yang melanjutkan strata satunya di universitas-universitas luar negeri.

Kabiro Pengkaderan, Beasiswa dan Kerjasama Pendidikan Al-Ittifaqiah ustadz Eko Adhi Sutrisno, M.Pd. melaporkan kalau total sudah 40 santri terima beasiswa S1 luar negeri tahun 2022 dan sudah ratusan kalau dihitung tahun-tahun sebelumnya.

“Hari ini adalah tahap ke IV tahun 2022, total ada 40. Insyaallah sebentar lagi akan ada tahap ke V sebanyak 17 orang lagi”, lapor ustad Eko.

“Rekapitulasinya adalah 32 orang ke Univ Al-Azhar Kairo Mesir, 5 orang ke Yaman, 1 ke Maroko, 1 ke Yordan dan 1 lagi ke Turki”, tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Mudir Drs. K.H. Mudrik Qori, MA mengharapkan penerima beasiswa untuk senantiasa bersyukur atas prestasi yang diraih.

“Seharusnya hari ini kita melepas 33 orang ke Mesir namun sebagian berkas-berkasnya belum lengkap, mudah-mudahan sebelum tahun depan, kita kembali mengadakan acara serupa”.

“bersyukur, serius, sabar dan istiqomahlah menimbah ilmu di luar negeri. Jangan terlena dengan aktifitas-aktifitas selain belajar walaupun nanti Ananda akan banyak ditawari pekerjaan-pekerjaan sambilan”.

Ustadzah Anita, S.Pd selaku kepalah sekolah, beliau juga menyampaikan doa kepada santri- santri tersebut semoga lancar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, serta memberi pesan agar semangat belajar untuk menggapai cita-cita dan jangan lupa untuk selalu membaca Al Quran, karena Al Qur’an adalah bekal untuk kita.

Turut hadir dalam pelepasan ini Kakankemenag Ogan Ilir H. Muhamad Arkan Nurwahiddin,  S.Ag,  M.Pd.I., Ketua Yayasan Islam Al-Ittifaqiah KH. M. Joni Rusli, S.Pd.I., dan beberapa pengurus lainnya.

Ratu Elza Jamilah peraih beasiswa S1 Universitas Al-Azhar membagikan tips sukses lolos beasiswa versinya.

” Pertama, prioritaskan tujuan utama yang memang ingin sekali dicapai, kenali tantangan yang bakal dihadapi. Lalu, belajar semaksimal mungkin dan serahkan semua kepada Allah yang maha segalanya. Selagi yakin kuasa Allah, insyaallah doa yang lebih maksimal akan mengalahkan usaha yang mungkin dibilang minimal,” ungkapnya saat diwawancarai “Say what you want, dalam arti the power of nyeletuk. Cause Allah said, innahu lahaqquu mitslamaa annakum tantiqun,” tambahnya.

Berbeda dengan Alifah Ratna Irtiyah peraih beasiswa S1 Universitas Al-Azhar ini, memiliki tips sukses sendiri untuk lolos beasiswa.

” Tips nya, jangan mudah berputus asa. Selagi banyak kesempatan terbuka lebar Di depan mata,  jangan ragu untuk mencoba dan berusaha. Selalu beri semangat dan energi positif untuk diri sendiri. Bila merasa lelah beri jeda sebentar bukan lantas menyerah,” ungkapnya saat diwawancarai.

Disamping itu, Amrina Rosada,  peraih beasiswa S1 Universitas Al-Azhar, menyampaikan beberapa pesan kepada adik-adik santri.

“Selagi masih dipondok jangan sampai buang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna. Belajar belajar dan belajar. Jangan sampai menyesal dikemudian hari,” ujar alumni yang sering juara dan Terbaik 1 tingkat Madrasah Aliyah dan juga Terfavorit.