Santri Kelas XII Aliyah Praktek Pengurusan Jenazah

ma.ittifaqiah.ac.id Indralaya- Untuk mencetak santri yang siap mengabdi kepada masyarakat dan ummat, Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah mengadakan pelatihan praktek kepengurusan jenazah. Praktek pengurusan jenazah yang terdiri dari memandikan, mengkafani, hingga menshalati jenazah tersebut dilaksanakan hari kamis (26/10) di Aula Mess Ibnu Rusyd Kampus A. Di ikuti oleh santri kelas XII Aliyah.

Praktek pengurusan jenazah ini merupakan salah satu praktek yang sifatnya wajib bagi setiap santri MA Al Ittifaqiah yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan kepengurusan jenazah, Memandikan dan Mengkafani  ini dibina langsung Oleh Ustadzah Umi Kalsum May, dan Materi Mensholatkan Jenazah dibina Oleh Ustadz Darsi Ahmadan, ME.

Dengan adanya pelatihan semacam ini, diharapkan para santri tidak hanya menguasai teori saja tetapi juga mampu mengerjakan tata cara pengetahuan tersebut secara langsung sehingga para santri bisa mengaplikasikan pengetahuan tersebut kepada masyarakat jika sudah lulus kelak. Ungkap Ustadzah Anita, M.Pd, selaku Kepala Sekolah.

Lanjut beliau berharap santri tidak hanya handal dalam ilmu umum, tetapi juga mahir dalam hal ubudiyah yang memang merupakan basic pengetahuan pondok pesantren. “Aneh kan kalau pelajar pondok pesantren nanti kalau lulus dari pesantren tapi tidak tahu bagaimana mengurusi jenazah” imbuh beliau.

Setelah praktek dan teori tentang pengurusan jenazah, santri mengikuti lomba yang diadakan MA, masing-masing kelas harus wajib mengikuti lomba tentang Kepengurusan Jenazah seperti, memandikan. mengkafani dan mensholatkan jenazah.